Struktur Organisasi

Tugas Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan

  1. Menentukan dosen pengampu mata kuliah, baik mata kuliah umum, mata kuliah wajib fakultas dan mata kuliah wajib Program Studi;
  2. Memberikan pengesahan Program Studi/ rencana studi mahasiswa;
  3. Menunjuk dosen pembimbing akademik dan pembimbing praktikum;
  4. Menunjuk pembimbing dan penguji skripsi serta menetapkan jadwal seminar proposal dan ujian skripsi;
  5. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan dan bimbingan mahasiswa;
  6. Merencanakan dan mengawasi pelaksanaan ujian tengah semester dan ujian akhir semester;
  7. Mengarahkan dan mengkoordinir kegiatan penelitian, diskusi dan stadium general Program Studi;
  8. Mengupayakan kerjasama dengan instansi terkait dalam rangka pengembangan Program Studi;
  9. Mengarahkan dan membina kegiatan ekstra kurikuler Program Studi;
  10. Menyusun evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Program Studi;
  11. Menyusun dan mengevaluasi kinerja dosen dalam pelaksanaan tugas sebagai dosen;
  12. Mengarahkan dan mengevaluasi kegiatan akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan kemahasiswaan dan kerjasama pada lingkup Program Studi.

Tugas Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan

  1. Membantu tugas pokok Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan;
  2. Menyusun jadwal perkuliahan, distribusi KRS, presensi mahasiswa dan dosen;
  3. Melaksanakan ujian-ujian di lingkungan Program Studi Ilmu Pemerintahan;
  4. Menyusun database dan inventarisasi aset Program Studi;
  5. Mengakomodir pelayanan akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  6. Melaksanakan persiapan penelitian, stadium generale, dan diskusi Program Studi;
  7. Mengawasi kegiatan ekstra kurikuler Program Studi Ilmu Pemerintahan;
  8. Mewakili Ketua Program Studipada saat Ketua Program Studi berhalangan.

Tugas Kepala Laboratorium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 

  1. Melakukan pengkajian dan pengembangan ilmu melalui penelitian dan praktek belajar di Program Studi Ilmu Pemerintahan;
  2. Mengkoordinir pengembangan pusat-pusat kajian Program Studi;
  3. Berkoordinasi dengan Ketua Program Studidalam pengembangan sistem informasi akademik dan kemahasiswaan Program Studi;
  4. Melaksanakan kegiatan pelatihan dan tes ICT di lingkungan fakultas sebagai salah satu persyaratan pengajuan ujian skripsi.

Tugas Staf Administrasi Program Studi Ilmu Pemerintahan 

  1. Membantu tugas dan fungsi Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan;
  2. Melaksanakan kegiatan administrasi Program Studi Ilmu Pemerintahan, mencakup administrasi akademik dan non akademik;
  3. Menghimpun data dan informasi akademik dan kemahasiswaan di tingkat Program Studi;
  4. Menyiapkan dan melaksanakan layanan teknis akademik dan non akademik di tingkat Program Studi;
  5. Menghimpun data-data akademik dan mengisi pelaporan PDPT Program Studi.